Laman

Mei 16, 2013

Adiksigitar Tips : Cara Membedakan SENAR D'ADDARIO UNPACKED ORIGINAL VS ALAY

Hallo all adiksigitaris!

Well, saat ini saya mau sharing sesuatu yang mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang perbedaan yang beredar di pasaran untuk senar merek d'addario unpacked original dan senar d'addario unpacked alay atau abal-abal. Sayangnya tidak semua seller mau jujur tentang hal ini ! (atau mungkin mereka juga tertipu??) only God knows why.

Saat ini, seiring banyaknya pabrikan gitar besar di Indonesia, hampir keseluruhan gitar-gitar tersebut sudah diinstal dengan senar merek d'addario yang biasanya menggunakan tipe EXL 110 / 120 dengan ukuran .009 atau .010 dengan karakter sound yang "bright". Memang senar ini dipilih karena sudah terbukti lebih awet dengan tone yang crispy dan jelas serta sangat mudah ditemukan diberbagai toko musik manapun. Tapi ada perbedaan antara konsumen pribadi (kamu) dengan pabrikan. Kalau biasanya kita beli senar ini disertai dengan packing karton dan plastiknya, hal ini berbeda dengan pabrikan yang membutuhkan senar dalam jumlah yang besar dan harga yang lebih minim. Biasanya untuk pasokan pabrik, senar d'addario yang dipilih adalah senar-senar yang tidak menggunakan packing sama sekali, jadi langsung bisa pasang/bulkshop. Dan, for real, apabila kita dapat menemukan seller yang menyediakan senar addario tanpa packing, berarti dia memiliki koneksi untuk dapat membeli langsung senar-senar tersebut.
bulk shop

Saat ini di kota Solo cukup mudah menemukan senar d'addario yang unpacked, tapi sayang sekali, ada beberapa yang mau jujur bahwa yang mereka jual adalah barang alay, namun ada juga yang tidak dan benar-benar tidak mau menerima bahwa dia (luthier A) ternyata menjual senar yang palsu, at least ini pengalaman pribadi saya. 

Nah, makanya disini saya mencoba untuk menyebarkan informasi tentang senar d'addario unpacked yang asli dengan d'addario yang palsu. Beberapa saya ambil dari salah satu site dan saya tambahkan supaya lebih jelas, seperti ini :

1. Cek di senar nomer 2 yang berwarna ungu. yang asli warnanya ungu tua, tidak pudar dan solid. kalau yang KW warnanya ungu muda dan jenis warnanya doff. ada juga yang warnanya ungu pudar mengkilat.

2. Cek di bagian ujung senar nomer 4 , 5 dan 6. seharusnya senar d;addario yang ori memiliki seperti sisa senar tanpa lilitan..dan sisa senarnya itu berwarna agak emas/gold. kalau yang senar KW ujung senarnya engga ada sisa senarnya.Tapi ada juga senar KW yang punya sisa senar di nomer 4,5,6 nya, dan berwarna silver/chrome. yang tanpa lilitan.


Ciri ciri di atas adalah yang paling gampang dilihat. Masih ada satu lagi ciri cirinya tapi agak susah juga dicek.
Bro cek pembungkus senar lonjoran dari penjualnya.
Pembungkus senar lonjoran? apa tuh maksudnya?eheheh

Jadi begini bro, senar unpacked itu darisononya dipack dengan cara satu macem ukuran senar dimasukkan dalam plastik panjang.

senar nomer 1 ukuran 0.09 jumlahnya 250 ada dalam satu plastik, senar nomer 2 ada dalam satu plastik...begitu juga untuk senar lainnya.

bisa dibayangkankah keribetan seller kalo jualan senar addario unpacked?hahahaa, jadi harus ambil masing2 senar dari plastik berbeda trus digulung, trus dimasukin plastik.wekekekeke...

Nah perbedaan dengan yang KW adalah : d'addario ori menggunakan plastik warna biru dengan barcode print dan keterangan lain dari pabrik d'addario, kalo yang KW pakai plastik warna putih kusam.
cuma masalahnya jarang2 ada suplier yang jual yang masih ada platik pembungkus lonjorannya kan.hehehe....


Itu adalah penjelasan yang paling mudah dilihat dan bisa kamu ambil kesimpulannya secara langsung, tapi bagaimana kalo ternyata senar itu sudah terlanjur kamu pasang di gitar?? well, begini kira-kira pengalaman saya.
  1. Senar d'addario alay berwarna tidak seterang aslinya, khususnya yang bagian woundnya senar ke 4,5 dan 6, warnanya agak gelap dan apabila bersentuhan dengan kuku atau jari terasa agak kasar tidak sehalus yang asli.  
  2. Karena materialnya yang murah senar addario palsu sangat mudah putus, terutama nomer 1 dan nomer 4, bahkan bisa sewaktu pertama masang sekalipun, masi nyetem tapi sudah putus.
  3. Senar d'addario alay sepertinya bukan terbuat dari nickel yang bagus, terbukti senar woundnya nomer 4, 5 dan 6 itu hampir tidak menempel di magnet pickup, jadi apabila kamu menemukan senar yang tidak terpengaruh oleh daya magnet pickup(apalagi humbucker ceramic yang berdaya besar) bisa dipastikan bahwa senar itu adalah senar kualitas buruk.
  4. Sound output yang berantakan dan tidak fokus, mungkin karena kekuatan magnet yang tidak berpengaruh pada senar sehingga khususnya senar 4, 5, dan 6 bergetar ga karuan ketika di strumming.
  5. Addario alay sangat mudah mengikis fret gitar kamu, ga percaya ?! buktikan sendiri..hehe 
  6. Saat ini juga semakin beredar senar addario yang menggunakan packing mirip aslinya, tetapi ternyata juga senar palsu, perhatikan plastik pembungkus nya dan berhati-hatilah dengan seller yang menjual dengan harga dibawah harga pasaran senar addario packing original, secepatnya saya update menggunakan foto. 
Original ! perhatikan warna & bentuk ball ends

Ini Palsu ! Perhatikan warna ungu nya
Tidak terpengaruh magnet


Tidak terpengaruh magnet 2

Ini Palsu ! Perhatikan warna ball-end ungu nya 2
watch on Youtube here. 

Senar D'addario unpacked pada dasarnya bukanlah senar palsu/tiruan, itu senar original dari pabrikannya langsung. Memang tanpa packing jadi sangat mudah dipalsukan, oleh sebab itu, be aware guys. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.