Laman

September 15, 2012

APA ITU "HUMBUCKER" ???

HeyHo Let's Go !!
Haha...Apa kabar gitaris2 All Over The World???

Well....sekarang kita bakal sedikit mencari tau apa yang dimaksud dengan.....

 " HUMBUCKER" 


Seperti apa bentuknya,apa kegunaannya,apa karakternya,,bla..bla..blaaa...gw bakal kasi tau dengan bahasa yg simple tapi ga ada maksud menggurui,,karna kita semua masi sama2 belajarrr..dan gw juga bukan guru sd.

got it? 
siip. 

Let's Get The Party Started. 

A Humbucking pickup ato biasa disebut "Humbucker" oleh para gitaris, adalah salah satu bentuk pickup / sepull gitar elektrik yang terdiri dari 2 buah coil sekaligus/nempel.

Hum : Noise / interference 
Bucker : Cancelling 

Dalam bahasa yg gampang, humbucker adalah sebuah pickup gitar yang dapat menghilangkan/mengurangi noise yang biasa muncul di pickup single coil. Sumber-sumber "Hum" di pickup single coil dapat terdengar dan muncul dimana saja, dan darimana saja ,seperti dari Amplifier dengan power yang besar/power amp, prosesor, efek pedal, mixer, kabel dsb.

Nahh,,,klo dibandingkan dengan single coil, pickup humbucker dapat mengurangi hum secara signifikan dan dapat mengCreate output yg lebih besar (suara lebih besar, tone yang khas dan berkarakter).

Saat ini banyak sekali pabrikan2 pickup berlomba-lomba menciptakan Humbucker, setelah pertama kali ditemukan dan sukses di tahun 1959 oleh Seth Lover dengan type PAF dan digunakan di gitar merek Gibson, dengan berbagai kelebihan/kekurangan dan karakternya.

Google/Prototype Gibson Humbucker ,Desain Oleh Seth Lover 1959

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menciptakan pickup humbucker dan cukup populer dikalangan gitaris, seperti pabrikan Dimarzio, Seymour Duncan, EMG, BareKnuckle Pickups, Kent Armstrong Pickups (jarang gitaris yang make ini di Indonesia, katanya manteeep ni pickups!) Dsb.

Google/Dimarzio

Google/EMG

Google/Ilustrasi



Google/Ilustrasi








Pabrikan-pabrikan tersebut biasanya membuat pickup humbucker dengan bekerja sama dengan gitaris terkenal (termasuk gw,tapi boong,ha!) untuk dapat menciptakan humbucker dengan kualitas baik, sesuai keinginan si gitaris dengan karakter2 sound yg unik satu dengan yg lainnya.

Contoh humbucker dan gitaris yang menggunakannya : 


Dimarzio : Randy Rhoads (Super Distortion, PAF) Jerry Garcia (SDS-1, Super 2, Dual Sound) Jason Becker (PAF Pro, HS-2, Tone Zone) Joe Satriani (PAF Joe, PAF Pro, FRED, Mo' Joe, Pro Track) John 5 (D Activator Bridge, D Activator Neck), Kurt Cobain (Super Distortion).

Seymour Duncan : Dave Mustaine (Live Wire) Dimebag Darrel ( Dimebucker)
Invader ( SynYster Gates) Kurt Cobain (JB Model).

EMG : Zakk Wylde

Dan Lain Lain ,,,,banyak beuuuddd!!! hahaa..

Berbagai macam model dan design humbucker juga telah tersedia di pasaran saat ini, seperti :

  • Open Humbucker (common model), 
Google/Ilustrasi
  • Rail model humbucker (seperti QuadRail)

Google/Ilustrasi








  • Gibson Style (menggunakan cover)

Google/Ilustrasi





 

 

Untuk Rangkaian, pickup Humbucker dapat di wiring/diinstal dengan berbagai cara dengan karakternya masing2, contoh:

SERI 
Ini cara yg paling banyak/popular dikalangan gitaris, benar2 bekerja sebagai humbucker dengan karakter yang tebal dan output yang besar dan pastinya Hum Cancelling, tapi banyak juga yg menyebutkan tone menjadi tumpul, outputnya biasa sekitar 14k - 20k.

PARALLEL
Masing2 coil bekerja sendiri2, seperti menggunakan 2 buah pickup single coil dengan karakter yang crunch dan renyah, tone tajam, output tidak sebesar SERI, kurang lebih seperti karakter sound strat.

COIL TAP
Ini merupakan opsi/feature yang biasanya sdh terinstal di beberapa type gitar. Cara ini hanya mengaktifkan salah satu coil dalam sebuah humbucker , dengan karakter yang sama dengan single coil dan output yang cenderung kecil.

Well guys,, itu tadi sedikit mengulas tentang HUMBUCKER,

siapa tau bisa jadi referensi buat kamu gitaris yang pengen beralih menjadi humbucker player ,haha,ato hanya sekedar ingin mencari karakter lain dari Humbucker kamu.

Semoga bermanfaat.
Next time kita bakal ngulas hal2 lain yang berhubungan dengan gitar elektrik pastinya. :P


Cheers.


2 komentar:

  1. Wa saya donk mas 081280225759, saya mau belajar lgsg dan nanti saya berikan imbalan ke mas terimakasih

    BalasHapus
  2. Hahahahaha saya juga cuma tau "permukaannya" doank masss ga terlalu dalem emang mas mau belajar apanya?

    BalasHapus

Comment kamu sangat bermanfaat bro.