Laman

September 19, 2012

MATERIAL DAN KONSTRUKSI GITAR ELEKTRIK Part 1

Assalamualaikum Wr. Wb...

Selamat pagi pembaca yang budiman,,,entah yang budiman bener atopun yang boongan...(paan sii???) haha...kalo masih penasaran sama yang namanya gitar elektrik..pastikan setiap hari kamu cek  blog ini..alright??? karena klo gw ga males, pasti adaaa ajaaa postingan yang baru dan fresh,,,and all about ELECTRIC GUITARS!!
Jangan bosen tapi yak...:p

remember!!
adiksigitar.blogspot.com

Oke,,gitar elektrik itu merupakan instrumen yang kurang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.. Bener ga???. Terbukti dari bentuk fisiknya yang tidak banyak berubah sejak pertama kali ditemukan dan diperkenalkan. Gitar, dgn segala macam aksesorisnya dan pengaruhnya seperti menjadi "DEWA" oleh berbagai jenis musik sampai hari ini. Kebukti, hampir semua musik, entah yang slow sampe yang menggelegar semua menggunakan gitar sebagai salah satu instrumennya.

Well,,sekarang kita akan mengulik sebuah gitar elektrik dari material yang digunakannya. Karena semua parts thu berpengaruh dan berhubungan satu dengan lainnya. Mulai dari bahan kayu, neck dan lain sebagaimananya semestinyakan...haha...

Lets get moving on.
  • JENIS KAYU UNTUK BODY 

Secara umum, bahan kayu yang ringan akan memberikan sound yang lebih warm dan kurang bright jika dibandingkan dengan kayu yang lebih berat. Konstruksi sebuah gitar haruslah dibangun dari material terbaik pula, sah2 aja sih menggabungkan beberapa buah kayu menjadi satu bentuk body, tapi sebaiknya hanya menggabungkan dua buah kayu saja, ato yang paling bagus lagi, sebuah gitar elektrik terdiri hanya dari sebuah kayu, tanpa penyambungan. Nahh,,sekarang gw bakal ngasih sedikit memberi informasi tentang bahan body gitar elektrik beserta karakter sound yang diberikannya...hehe...siapa tau bisa jadi panduan untuk kamu yang mau bikin gitar.

Ilustrasi Alder Wood
ALDER
Ringan, dengan sound yang warm. Ini adalah bahan yang sering digunakan untuk gitar vintage dengan 3 buah pickup. Corak kayu ini tidak terlalu indah, makanya sering di finishing dengan warna solid, bukan dengan cat transparan yang bisa tetap memunculkan keindahan kayunya. Biasanya digunakan untuk gitar seperti type stratocaster, telecaster, hmmm semacam itulah.

BASSWOOD
Cukup ringan, sound yang warm dan sangat mirip karakternya dengan alder. Soundnya emang keren, namun beberapa dari jenis kayu ini cenderung lunak sehingga butuh perlakuan ekstra hati2. Biasanya digunakan untuk body gitar Ibanez type RG series, S series, dan semacam itulah...:p

Ilustrasi Basswood body.
POPLAR
Kayu yang ringan dengan corak yang lembut. Warnanya sendiri sdikit lebih terang dari alder. Dan lebih sering diatasi dengan proses pengecatan. Karakter mirip dengan alder dan basswood. Bahan ini juga digunakan  untuk gitarnya Richie Sambora dan semacam itulahh...:P

MAHOGANY
Nahh...ini dia bahan kayu yang sangat populer di kalangan gitaris, baik manca ato Indonesia...ya ga??? Mahogany thu cukup keras dan berat dengan corak terbuka serta warna agak kemerahan. Emang sih ada yang ringan, tapi tetep aja kebanyakan thu berattt soob. Karakternya banyak yang suka, sound gitar jadi bright, sustain yang baik dengan attack yang mumpuni!! Hampir digunakan oleh semua pabrik gitar, luthier dan semacam itulahh...:p

ASH
berwarna terang, dengan berat yang sedang dan corak kayu yang terbuka yang atraktif. Karakternya bright, namun punch pada nada bass. Bahan ini juga digunakan untuk gitarnya Mike Stern dan kayu ini juga cocok untuk body bass guitar.

MAPLE
Sangat indah, tapi berat, dengan sound yang tebell dan attack yang bervariasi. Bisa memperbaiki sound dari kayu yang berkarakter "tumpul" dengan melapisinya di permukaan body (laminated). Lapisan maple juga sering dipake untuk dapetin coraknya yang indah (ex: flame maple top,quilted maple top). Dan maple, adalah salah satu bahan kayu yang sangat cocok dan sering digunakan untuk bahan neck, karena kuat dan cukup awet.

OAK
Jenis ini tidak terlalu luar biasa untuk body, tapi masiii aja ada yang make,,biasanya orang luaar sob. Karakternya cenderung "harsh"/kasar dengan sustain yang kurang baik.

Yess..sedikit informasi tentang bahan body untuk gitar elektrik,,gw yakin masi banyak kekurangan untuk tulisan2  gw...but nobody's perfect right??? hahha...tenang aja,,ini baru Part 1..setelah ini bakal ada lanjutannya untuk jenis2 headstocks,necks dan fingerboards dan lain lain lain sebagaiinya !!!

Langsung lanjuuuttt ke Part 2 sooob.

Just wait and see.
haha.
semoga bermanfaat.
and see you in the next pit !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.