Juni 10, 2013

PROFIL GITARIS : ANDRY MUHAMMAD

Andry Muhammad

Silhouette Gold Roller Back Look
Mantan gitaris Powerslaves dan Boomerang, Andry Muhammad (lahir 1973) atau yang dulu dikenal dengan nama Andry Franzzy ternyata telah memiliki album instrumental gitar yang dirilis di tahun 2012 yang lalu. Album tersebut ia garap bersama band trionya, Andry MySkull Project (AMP) yang juga dihuni Agung Yudha Gimbal (dram) dan Wawan TMG (bass).

Soloblitz Document

Album yang distribusinya didukung oleh Myskull Clothing tersebut terdiri dari 8 komposisi lagu yang rata-rata ditulis langsung oleh Andy sendiri seperti pada lagu “Revival”, “Nisrina”, “Barbie Dancing Princess”, “G’Morning My Sweety”. “The Flight of the Bumblebee”, “Ireplaceable” dan “It’s Me (Fortunately)”. Namun untuk lagu “Midnight Sunset” ide dasarnya dibuat oleh Ganesha Putra (yang kebetulan bermain di lagu tersebut) dan  ide-ide fill gitarnya diolah oleh Andry.

 Selain itu dia juga terlibat sebagai gitaris dalam band Mahadewa garapan Ahmad Dhani sejak tahun 2011 lalu serta baru saja merilis album yang berjudul Past To Present dibawah label Nagaswara yang didistribusikan oleh salah satu restoran fast food terkemuka di Indonesia. Andry, gitaris yang berperawakan tinggi besar ini dalam sebuah wawancara di Radio PTPN Solo, juga menyebutkan kalau kontribusinya terhadap sound dari album baru band Mahadewa cukup kental terasa dari berbagai pemilihan alternate tunings dan juga didukung oleh gitar 7 senar dengan sound low yang modern.

Soloblitz Document
 Dalam hal gitar, Andry termasuk sosok gitaris yang simpel dan lebih menyukai gear yang paling nyaman digunakan serta sesuai dengan kebutuhan bermusiknya. Sejak tahun 2007, Andry ternyata telah diendorse oleh salah satu pabrikan gitar terkemuka dunia yaitu Music Man seri Steve Morse yang didukung oleh penyematan pickup 4 buah ( hum-sing-sing-hum).
Steve Morse Sig.
Gitar ini dapat menyemburkan sound yang bervariasi bahkan sampai 11 jenis sound yang beragam dari kombinasi switching dan tone control. Dia pun mengakui bahwa sound yang dihasilkan lebih banyak dari gitarnya daripada dari efek-efek floor/eksternal. Saat inipun dia juga sering terlihat menggunakan gitar Music Man Silhouette Gold Roller.

Saat ini pun Andry tetap aktif menkomposisikan single instrumental gitar yang baru saja dirilis dalam bentuk kompilasi bersama gitaris-gitaris Indonesia lainnya seperti Balawan, Pupun, Gugun, Borneo, Edo Widiz, Jubing dsb. Dan yang pasti tetap terlibat dalam berbagai macam klinik gitar seperti Gitaran Sore yang di prakarsai oleh majalah Gitar Plus.

Interview PTPN Radio with Mahadewa
Watch Andry on Video here.

@febriano84