Laman

September 21, 2012

MATERIAL DAN KONSTRUKSI GITAR ELEKTRIK Part 2

Heyho Dudes...

Here we go again !!

How's your day??? and how's your life???

and how's your music??....


hahaha...Allriitteeee, sekarang kita lanjuut lagi untuk merusak otak kamu dengan berbagai hal yang berhubungan dengat gitar elektrik. Sekarang kita bakal lanjutin tentang MATERIAL DAN KONSTRUKSI GITAR ELEKTRIK. Setelah di part 1 banyak talking about the body of the guitar sekarang kitaa lanjut talking about the NECKS ! 

 yapp...neck atau stang gitar elektrik juga pasti sangat berpengaruh terhadap gitar tersebut. Pengaruh terhadap playability, karakter sound, maupun sebagai trade mark dari suatu type/merek gitar tertentu. Tul ga?? nah,, sekarang kita mulai dari ujung neck,,yaitu :

  • HEADSTOCK


Berbagai type dan model dari headstock gitar elektrik yang sering kita jumpai sekarang ini adalah sebagai berikut :

MODEL BIASA/KONVENSIONAL
Ini merupakan desain yang paliiing popular dan paling banyak ditemui. Desain dengan sudut kemiringan 13derajat ke arah belakang ini cukup baik dan sukses dipasaran. Banyak ditiru oleh berbagai produsen gitar elektrik maupun luthier-luthier lokal/non lokal (baca: pengrajin/pembuat gitar). Sebenarnya ada sedikit masalah potensial dengan desain ini, dimana kadang2 senar tidak berada tepat di post leading/lubang senar diujung neck/nut, dan mengganggu tuning. Tapi hal ini mudah diatasi dan desain ini terbukti sukses!BRAVO!

Common Model Headstock




MODEL TERBALIK/REVERSED HEADSTOCK
Sebenernya desain ini sama aja dengan desain sebelumnya, tapi dibuat terbalik posisi tunernya, yang biasa ada diatas sekarang ada dibawah. Biasanya juga ditambah besi locking untuk menekan senar supaya dapat mengatasi masalah dudukan senar.
Untuk tujuan tertentu,ceileeh,,headstock model ini tidak terlalu berpengaruh pada sound. Cuma beberapa gitaris memang menganggap desian ini keren,that's all,,contohnya gitarnya GUGUN sob/model Jackson, reverse headstock kan????

Ilustrasi Reversed Headstock












TILTING HEADSTOCK
Ilustrasi Neck Gibson Les Paul
Jenis headstock ini yang dimaksud dengan memiliki kemiringan beberapa derajat kebelakang(seperti yang udah ditulis diatas). Ini akan menambah tekanan senar terhadap nut. Sebagian besar gitaris menganggap hal ini bisa memberikan transfer sound yang baik terhadap neck. Juga dapat mengurangi getaran senar pada bagian tuner headstock dan memperbaiki sustain. Apalagi jika tuner yang digunakan terpisah, 3 diatas dan 3 dibawah (model les paul/prs disebelah), ini dapat meminimalisasi permasalahan pada tuning.
 

SEJAJAR DENGAN NECK
Bentuk headstock ini sejajar dengan neck. Masih banyak kita temui diberbagai type gitar saat ini. Biasanya, untuk memperbaiki transfer sound, digunakan juga binding post, untuk membuat senar memiliki ketahanan yang kuat pada nut seakan2 sedang menggunakan headstock yang miring kebelakang.Serta biasanya juga dibuat di gitar yang menggunakan double locking tremolo.
Sejajar dengan neck menggunakan binding post.

Steinberger - tanpa headstock.













Itu barusan info yang berlaku bagi gitar elektrik yang memiliki headstock. Pertanyaannya? ada ga si gitar yang tanpa headstock?? jawabannya ADA!! luu liat aja gitarnya Bang Rhoma...hehe...tanpa headstock babarblasss..mereknya STEINBERGER. tapi bukan berarti ga ada tunernya,,tetep ada tapi di bagian bodynya. We're not talking about it,,hehe,,next time gw posting deh soal gitar unik yang satu ini...
udahh yukkk,,kiteee lanjuuutt baaang!


  • NECK DAN FINGERBOARD


Hellooo...???? Still there guys???
oke,,,lanjuut lagi, setelah barusan kamu dapet informasi tentang segala jenis headstock, sekarang saatnya kita mengulik tentang neck dan fingerboardnya. 2 benda ini berpengaruh pada performa gitar keseluruhan, bahkan juga memberikan pengaruh yang besar terhadap playability. Penasaran?? cekibrot bro!

Ehem...biasanya neck dan fingerboard terbuat dari jenis yang bervariasi. Perbedaan material kayu yang digunakan pasti juga bakal bikin beda karakter soundnya, serta kestabilan dan playability. Ga cuma itu, kalo kamu lagi pesen gitar di salah satu luthier, jangan lupa ingetin dia untuk menggunakan bahan yang bagus dan ngerjainnya jangan asal2an, sesuai dengan ukuran pesenan kamu, khususnya untuk bagian neck dan fingerboard. kenapa? karena pastinya tidak setiap gitaris punya tangan, jari, permainan dan musik yang identik sama. Itu juga jadi alasan mengapa bagian ini memiliki desain dan ukuran yang bervariasi.

Bahan neck gitar elektrik lebih banyak dipilih dari bahan kayu maple karena pastinya ga asal2an soob. Antara lain karena maple cukup hardcore alias sadis alias kuatt dan tahan lama, tapi tetep bisa diatur kelenturannya, selain itu soundnya juga khas. Nah,,didalam neck inilah biasanya ditanem besi baja panjang yang bisa disetting sesuai kebutuhan kamu dan dinamakan "Truss Rod". Truss Rod ada yang bisa disetting dari bagian dekat headstock atau di bagian bawah neck dekat body, tergantung pemasangannya, tapi jaman sekarang hampir semua gitar elektrik sudah menggunakan Truss Rod. No worries bout' it.

Sementara itu, Fingerboard/Fretboard adalah bagian depan dari neck, tempat fret berada. Umumnya bagian ini terbuat dari bahan2 kayu yang bervariasi juga, seperti maple, rosewood, atau eboni. Bagian ini selalu direkatkan ke bagian neck supaya ditengah2nya bisa ditanem Truss Rod tadi, jadi seakan2 neck dan fingerboard terdiri dari sebuah kayu yang utuh supaya lebih kuat dan tahan lama serta memiliki sound yang bervariasi sesuai dengan karakter neck dan fingerboard yang digunakan.

Nahh,,sekarang ada beberapa tipe neck dan fingerboard serta pengaruhnya terhadap sound.

Ilustrasi Neck dan fingerboard



NECK MAPLE DENGAN FINGERBOARD ROSEWOOD
Ini perpaduan yang sangat popular dan banyak diterapkan di berbagai pabrikan gitar elektrik. Penggabungan ini bisa menghasilkan neck yang stabil, feelnya dapet...smooth gitu...dan sound yang warm..mantapp..haha.

MAPLE NECK SEKALIGUS MAPLE FINGERBOARD
Kabarnya, perpaduan ini menghasilkan neck yang sangat stabil dengan sound yang bright. Biasanya digunakan di gitar Fender Stratocaster dan Telecaster.

NECK MAPLE DENGAN FINGERBOARD EBONY
Sangat solid, ebony merupakan kayu yang sangat keras guys. Fret sudah pasti terjaga dan sound yang dihasilkan juga lebih bright dari bahan maple.

NECK MAPLE DENGAN FINGERBOARD ROSEWOOD DENGAN REVERSED HEADSTOCK
Sama saja  dengan desain umum. Hanya aja beberapa gitaris menyukai style ini . That's all.

Ilustrasi neck dan fingerboard reversed headstock


Well itu tadi sebagian info yang akhirnya bisa gw masukin dalam postingan MATERIAL DAN KONSTRUKSI GITAR ELEKTRIK Part 2 kali ini. Semoga aja bisa bermanfaat buat kamu yang butuh riset kecil2an sebelum memutuskan untuk beli elektrik gitar atau lebih mempercayakan untuk pesan di salah satu luthier terkemuka...hehe.  

Any Questions?? just comment aja dibawahhh..yukkk.

Good Luck !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.