Laman

September 19, 2012

Adiksigitar Tips : MENDAPATKAN TONE GITAR ELEKTRIK / HOW TO GET YOUR 'TONE' !

YA ! Sekarang kita akan mencoba untuk membahas salah satu hal yang paling menyenangkan dalam sebuah gitar elektrik, PENCARIAN TONE YANG TEPAT!, saya tau setiap gitaris pasti memiliki seleranya sendiri2 untuk mendapatkan tone yang sesuai dengan karakter dan musiknya..

Tapi jangan terburu2 untuk menganggap bahwa gitar kamu jelek,,,(ahh,,bampak bgt ni gitar!!!!,gw juall aja deh,beli baru ato gw buang aja deh!!haha..) mungkin seperti itu klo kamu tidak puas dengan sound dan tone gitar elektrik kamu...ya ga??!!

Artikel ini mengajak kamu untuk tidak terburu2 menJUDGE bahwa gitar kamu jelek,tidak sesuai,kurang bagus dll dll...dan akan memberi kamu sedikit pertimbangan sebelum kamu memutuskan mengganti nya dengan yang baru..(baca: jokul dan bokul yang baru)

Well,,proses pencarian tone memang tidak gampang, dan membutuhkan sedikit waktu dan proses. Disini Adiksigitar akan memberi sedikit tips untuk mencari tone gitar kamu, dan apa saja yang harus diperhatikan, dari yang paling muraaahh sampe yang mahallll get ready dudes!
Google/GrippX-Xb
  • GANTI PICK KAMU
Ini merupakan cara yang Alhamdulillah paling murah saat ini, ya, kalo kamu terbiasa menggunakan pick gitar yang tipis, cobalah untuk menggantinya dengan ukuran yang lebih tebal, misalnya dibawah ukuran 1.00 mm, coba kamu ganti dengan ukuran 1.00mm atau lebih, karena pick yang lebih tebal dapat lebih "mengangkat" output sound serta "attack" yang lebih besar, sehingga kalo biasanya sound gitar kamu tumpul, dengan pick yang lebih tebal dijamin akan lebih besar dan "bright" sound/tone gitar elektrik kamu, tapi pastikan juga strumming/picking kamu lebih keras dari biasanya.
  •  GANTI SENAR KAMU
Ini adalah cara yang murah juga untuk mendapatkan tone gitar kamu, satu set senar gitar yang baru pasti akan memberikan tone yang segar,clear,bright,dan asik. klo senar gitar kita fresh pasti latihan jari juga makin enak...hehe..tapi ingat senar juga cukup berpengaruh pada tone karena mereka memiliki banyak ukuran...
Semakin besar ukuran senar, semakin baik sound yang dihasilkan,emang si kadang capek maeninnya,,tp klo terbiasa gw jamin pasti asik..Pakemannya gini, klo kamu mencari tone untuk musik2 ringan , pop, jazz cobalah senar dengan ukuran kecil, seperti 08. ato 09., tapi klo kamu nyari tone untuk rock sampe metal gantilah senar dengan ukuran 10.,11.,12.,ato bahkan 13.!!!

Material senar juga berpengaruh pada tone, seperti :
Nickel (karakter Rock'n'Roll,Vintage), Stainless Steel (Punch,Sustain lebih panjang,lebih awet dari korosi) Dsb....Dsb.....
Google/Ilustrasi Neck

  • GUNAKAN BUFFER
Untuk kamu yang Maniac dengan pedal efek. Penggunaan Buffer juga akan mempengaruhi tone gitar kamu. Umumnya juga, penggunaan efek yang terlalu banyak akan membuat tone gitar kamu yang terdengar di ampli seakan terpotong (sedikit hilang). Bahkan beberapa pedal efek, walopun dlm kondisi ga aktif akan membuat signal gitar/tone  juga terpotong (terdegradasi). Nah, inilah gunanya BUFFER yang berguna untuk memperlancar signal gitar elektrik kamu. Biasanya BUFFER dipasang diawal rangkaian pedal efek.

Ilustrasi MXR Buffer

  • GANTI KABEL KAMU
Kabel??? yup,,mungkin orang banyak yang menganggap hal ini remeh...,tapi kabel adalah salah satu elemen penting untuk membangun tone gitar kamu. Kabel bekerja mengantarkan signal gitar elektrik kamu ke ampli, percuma kalo gitar kamu keren,pickup mantap,ampli gahar, tapi KABEL memble, gw jamin ga bakal keren jadinya...haha..baca niih bahwa tone gitar juga dipengaruhi oleh kabel yang digunakan, mulai dari material kabel, shielding, dan panjang kabel. Berarti, semakin mahal kabel berarti semakin bagus donk???? bisa jadi IYA, karena saat ini juga banyak pabrikan yang membuat kabel dengan bahan emas murni,,yup ! 100% GOLD! tone gitar kamu, pasti semakin terjaga.

Ilustrasi Kabel Fender

  • GANTI PICKUP KAMU
Yup...yup....mungkin ini adalah info pencarian tone yang paling sering kamu baca. klo loe mau ganti tone gitar loe, ya ganti pickupnya dddooonk!!!. Statement itu emang bener walopun ga 100% bener....
setiap pickup memang memiliki tone nya masing. Dan tone yang kamu cari, pasti juga tergantung oleh musik yang kamu geluti. Contoh : kalo gitar loe pake pickup single coil sedangkan musik yang loe maenin itu METAL macem Megadeth,Metallica,Dimmu Borgir,,,,ya ga bakal cocok,tonenya pasti cempreng,ga bisa palm mute yang sadis jugaa!!

Sedikit aja tentang pickup, klo kamu nyari tone yang tebal sebaiknya kamu gunakan humbucker,,klo kamu mencari tone yang twang/crunchy sebaiknya kamu menggunakan single coil. lebih baik lagi klo gitar kamu pake switcher,coil tap,dsb untuk memvariasikan tone yang kamu cari. Tapi juga ingat setiap tone pickup juga dipengaruhi oleh bahan kayu gitar elektriknya.

Mungkin link yang satu ini bisa sedikit memberi kamu pencerahan. Tapi seperti yang sudah2,,kadang ganti pickup emang semahal ganti gitar, belum lagi klo ganti pickup harus ngebongkar body gitar kamu,,,ga semua gitaris mau melakukan hal itu., makanya harus diperhitungkan juga plus minus nya jika akan memutuskan ganti pickup gitar kamu.

ILustrasi Gibson Les Paul

  • GANTI TABUNG AMPLI
Mengganti tabung ampli kamu akan sangat mempengaruhi tone gitar kamu. Klo kamu menggunakan ampli tabung, pasti setelah dipakai bertahun2 performa tabung juga akan menurun. Sama kaya bohlam lampu,,ya kan?? Nah, makanya sebelum memutuskan ganti ampli, coba ganti tabungnya dulu, saat ini banyak kok yang jual tabung2 untuk ampli gitar..

Ilustrasi Tabung GT6V6C


  • UPGRADE SPEAKER
Beda Speaker, beda karakter. Itu pasti. klo udah ganti tabung tapi masih kurang pas tone gitar kamu, coba deh uprage speakernya dulu, karena sama kaya pickup gitar, setiap magnet yang digunakan di speaker juga mempengaruhi soundnya. mengganti speaker/speaker kabinet adalah cara jitu selanjutnya dalam mencari tone gitar kamu. Celestion sama Fender pasti beda kan???
  • GANTI AMPLIFIER KAMU
Kamu disarankan untuk ganti amplifier kamu dengan merk yang lain apabila kamu suka dengan performa dan tone gitar kamu tapi sound yang direpro ampli kamu kurang cocok di kuping.

ILustrasi Bugera Amps


Dan akhirnya....inilah hal terakhir yang harus kamu lakukan untuk mencari tone gitar kamu !!! Setelah sekian lama kamu mencarinya...naik turun gunung,,,jalan jongkok jakarta-bali, guling2,,muter2...dan sudah mencoba untuk ganti senar,ganti pickup, ganti kabel, pake buffer, ganti tabung, ganti speaker, bahkan ganti amplifiernya juga,,,tapi TONE yang dicari masih belum ketemu juga????,,,dah mendingan kamu ganti gitar elektrik kamu aja deh. Cari yang sesuai ama kuping kamu, tone kamu, karakter kamu dan sama musik kamu. BERES! Karena beda gitar , beda TONE NYA!....
Ngapain pake baca klo loe akhirnya juga cuma ganti gitar....
ahhh elah,,,percuma donk artikel gw....!!!

hahaha...
just jokin'..

semoga bermanfaat
see you in the next pit!




1 komentar:

Comment kamu sangat bermanfaat bro.