Laman

Februari 02, 2013

GEAR REVIEW : CORT X-6 VPR INDONESIA

Cort X6 - VPR
neck type
Pabrikan Cort atau COR-TEK merupakan pabrikan gitar yang cukup besar dan mungkin pada saat ini, pabrikan inilah yang terbesar di Asia. Percaya atau tidak, pabrik inilah yang telah banyak makan asam garam perkembangan gitar elektrik, mereka pernah mendapatkan kontrak untuk memproduksi berbagai brand gitar elektrik terkemuka dunia, sebut saja, Ibanez, Washburn, G&L, ESP/LTD, Epiphone, dll, bahkan di tahun 80an mereka sempat memproduksi untuk brand B.C Rich, tidak semua series memang, tapi at least, hal inilah yang membuat Cort semakin berpengalaman dalam memproduksi gitar elektrik.

Saat ini pabrik Cort pindah dari Korea ke Indonesia, dan inilah salah satu gitar made in Indonesia (i'm proud!!) yang akan kita review.

Well, gitar ini merupakan produk dari X series mereka. Dirilis pertama kali kurang lebih di tahun 2012 dan diberi nickname X6-VPR and this one is really BANG FOR THE BUCK.

FITUR/HARDWARE
Menggunakan bahan kayu Basswood untuk body dengan kontur yang modern, finishing warna hitam satin/dof dibagian samping dan belakang dengan kulit ular timbul pada permukaan depannya, untuk neck menggunakan 5 lapis kayu maple dan walnut/bubinga untuk memperkuat konstruksinya, fingerboard menggunakan kayu Rosewood dengan inlay Shark Fin dan custom inlay tengkorak kepala ular (makanya dikasi titel VPR = VIPER, see?) di fret ke 12. Bolt on neck dan keseluruhan hardware menggunakan finishing berwarna hitam.

12th fret inlay
24 jumbo frets, 25 1/2 scale, Cort Double Locking III Tremolo Bridge , Standard die-cast tuner, 1 volume, 1 tone dengan coil tap, 5 way switcher, konfigurasi pasif H-S-H BlueBucker MightyMite Pickups.

Gitar ini memiliki neck yang cukup solid, dengan bentuk modern U-shape, jadi punggung necknya agak rata dibagian tengahnya, dan cukup kuat apabila dipasang dengan senar yang lebih tebal. 
Kualitas bridge tremolonya juga cukup baik dan solid, tetap bisa stay in tune walopun sudah dihajar dengan dive bombing berulang2 kali. believe me.

SOUND
Gitar ini memiliki sound clean yang cukup asik, dengan 5 way switch dengan coil tapnya, memungkinkan kamu mendapatkan sound clean yang variatif, mulai dari clean yang warm dan tebal, sampe clean yang trebly ataupun stratty twanky. Detail bunyi setiap senar juga dapat didefinisikan dengan cukup baik dari pickup mightymite-nya. Dengan sedikit overdrive kamu bisa menciptakan sound yang bluesy, bahkan kalo kamu switch ke neck pickupnya kamu bisa juga mendapatkan sound seperti pada intro GnR Sweet Child O'Mine,,,hmmm...

headstock
Untuk sound distorsi sepertinya gitar ini mulai menunjukkan jati dirinya. Ya! sepertinya gitar ini didesain untuk kamu yang gila distorsi, hotter OUTPUT seperti musik punk, hardcore, heavy metal semuanya bisa kamu hajar dengan gitar ini.

 Sound neck yang tebal dan berat/low serta fluid untuk sweep picking, sampe sound bridge yang asik untuk chording atau solo yang melengking bisa kamu dapatkan disini. Palm muted juga asik bgt soundnya dan sustain juga merupakan salah satu kelebihan dari gitar satu ini. 

Dengan kata lain sound gitar ini cukup kaya, entah kamu colok di ampli head cabinet ataupun kombo kelas kamar sekalipun. Dibawa high gain ayo, dibawa santai juga kalem.

PLAYABILITY
Gitar ini adalah satu gitar yang cukup baik dalam urusan playabilty, memang pada awalnya saya harus mensetting neck dan bridgenya terlebih dahulu, tapi begitu dapet settingan yang pas (saya pake senar ukuran.010) gitar ini adalah gitar dengan playability yang sangat bagus. Kamu dapat menset jarak senar ke fret board dengan cukup rendah tanpa buzzing, kualitas bridge yang paten juga sangat memungkin senar tetap stay in tune, mudah dibending, dan walaupun kamu sering menggunakan tremolonya, senar juga tidak mudah kendor. Desain neck yang tipis juga sangat berpengaruh pada playablity gitar ini.

Intinya, dalam playability, gitar ini cukup outstanding, main slow ala clapton, atau main kenceng ala shredder gilbert/vai/yngwie pake gitar ini juga bisa dijabanin.Kurang apa lagi? :p
high output bluebucker pickups

OVERALL 

Well, gitar ini dibanderol dengan harga yang cukup masuk akal (murah maksudnya!ha!), tapi bukan berarti ini gitar abal2, tidak sama sekali!. Mulai dari outlook yang gahar, finishing yang baik, detail konstruksi yang terjaga, playabilty yang asik, sound yang ga malu2in, gitar ini cocok dipake oleh kamu yang masi beginner ataupun yang pro sekalipun karena dengan bobot yang sedang, gitar ini juga santai dimainkan di panggung manapun.****

Akhir kata :

Mulailah membuka mata kita karena walaupun gitar ini made in indonesia dengan harga yang terjangkau, gitar ini bukan seri "anak bawang" seperti pada pabrikan2 besar lainnya itu. Go try one for yourself!
Haha, Cheers For Beers. Drinking Beers and Playing This Beast!


Cek output sound Cort X6 VPR di laman ini atau di Soundcloud

Check on Youtube Here


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.