Laman

September 25, 2012

BAGIAN-BAGIAN GITAR ELEKTRIK


Whazzup yo guys!!

still rockin' with your guitars?!!

Well done!! keep practicing!!

Dan sekarang kita bakal flashback ke awal perkenalan kita terhadap sebuah gitar elektrik. Mungkin beberapa dari kamu masih sedikit bingung tentang bagian2 dari sebuah gitar elektrik, karena memang mereka lebih variatif jenis serta modelnya, lebih kompleks dan complicated jika dibandingkan dengan gitar akustik. Hwehehe,,,don't be sad and kemooon kita pelajari bagian2 tersebut! simak ya anak2...hahaha.



Yaap,, gambar diatas merupakan perbandingan antara gitar akustik dengan gitar elektrik. Supaya kamu lebih mudah mempelajari bagian dari gitar elektrik, gambar diatas merupakan garis besar dari parts gitar elektrik. Walaupun setiap jenis/model berbeda2 bentuk partnya, tapi intinya kegunaan mereka sama.



Gambar diatas merupakan perbandingan antara 2 model gitar elektrik. Sebelah kiri adalah model Gibson/Epihone Les Paul dan disebelah kanan adalah model Fender/Squier Telecaster. Dua jenis ini merupakan model gitar yang sangat populer dikalangan gitaris dan banyaaak beuud playernya. Intinya setiap parts memiliki fungsi yang sama, hanya karakter sound dan playability lah yang membedakan diantara keduanya. Kamu pilih yang mana??? hehehe.

Locking Bridge




Disebelah kiri ini merupakan Bridge gitar elektrik yang biasa disebut dengan Double Locking Tremolo Design. Parts ini lebih kompleks, dan butuh perhatian ekstra untuk mensettingnya.




Disebelah kanan ini adalah bagian elektronik dari sebuah gitar elektrik. Bisa terlihat itu adalah kabel2 yang terhubung satu dengan yang lainnya antara potensio volume, tone, switcher serta terhubung pula dengan pickups.

Bridge

Sedangkan disebelah kanan ini, merupakan bridge gitar elektrik model umum. Dimana biasanya lebih simple, mudah diset menggunakan kunci L yang ada dibawahnya, serta umum digunakan di gitar model stratocaster.


Terdapat berbagai macam model knob potensio gitar elektrik. Contohnya dibawah ini, model knob yang sering kita jumpai di berbagai model gitar elektrik.


Berbagai Jenis knob

Tuner
Input Jack




Biasanya pabrikan/luthier gitar elektrik menerapkan tiga model cara untuk memasang neck. Cara pertama adalah Joint Bolt On, kedua adalah Set In Neck, dan selanjutnya adalah Neck-Thru . Apa perbedaanya?? tentu pada sustain dan playabilitynya.

Bolt On







neck thru







Mungkin masi ada beberapa hal yang kurang dalam postingan ini, tapi sebagian besar itulah bagian/parts dari sebuah gitar elektrik...


set in neck
Tak kenal maka tak sayang kan??
semakin kenal, siapa tau kamu bakal semakin sayang sama gitar elektrikmu..hahaha...cipokin gitarnya donk!! gubrak!.
Hehehe..semoga bermanfaat.

SEE YOU AGAIN IN THE NEXT PIT !!!








1 komentar:

  1. WOW, baru kali ini aku baca blog ngebahas bagian-bagian gitar yang lengkap. Mantap abis bos

    BalasHapus

Comment kamu sangat bermanfaat bro.