Laman

September 21, 2012

TIPS MEMILIH PRACTICE GUITAR AMPS


Whazzup Guitarist All Over Indonesia!
Yes...here we comes again to destruct your brain!!
hahahhaa...kaboom!..still gonna talking about guitar pastinye..
Sekarang kita bakal sedikit berbicara tentang amplifier gitar elektrik. Gitar elektrik tanpa ampli pasti kaya manusia tanpa nyawa,,kaya sayur tanpa aer ya ga??? haha..yaaa,,gitar elektrik baru ketauan suaranya, karakter soundnya, setelah dicolokin ke ampli kan?? Makanya sekarang kita bakal ngomongin tentang ampli untuk berlatih gitar, atau bahasa kerennya PRACTICE AMPS, hal ini pasti berguna banget buat kamu yang lagi bingung nyari practice amps, apalagi gitaris2 beginner yang berusaha mendapatkan ampli yang cocok, awet dan keren!

Bogey Amps
LETS BRINGIN' ON DA NOIZE!

Saat ini di pasaran tersedia banyak sekali practice amps. Harga dan fiturnya pun bervariasi. Tapi ada beberapa hal yang kamu harus pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah practice amps. Ini dia diantaranya :

HARGA
Sebelum kita lanjut ke hal2 yang lebih teknis tentang guitar practice amps, ini merupakan hal yang paling penting sebelum kita membelinya, yaitu harga. Kira-kira, berapa kisaran uang yang kita miliki? klo perlu kita catet range harga untuk practice amps yang akan kita beli. Karena beda harga pasti beda kualitas dan fiturnya. Sekedar info aja, sekarang ini harga practice amps di Indonesia, yang paling murah dengan fitur yang paling minim adalah sekitar 500ribuan - 1 juta rupiah, dengan output sound yang cukuplah untuk ukuran latihan dikamar. :p

WATTAGE
Yang dimaksud dengan wattage disini adalah Power atau Output dari sebuah ampli. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semakin besar power, semakin besar pula suaranya. Klo boleh dibilangin sih,,lebih baik membeli practice amp dengan power minimal 15 watt. Memang sih, saat ini juga bnyak pabrikan yang merilis ampli mikro dengan power 5 watt, sangat kecil, dioperasikan dengan baterai, dan dapat langsung dicolokkan ke gitar dengan output sound dengan headphone, tapi kalo watt nya terlalu kecil sangat sulit mensetting tone. Frekwensi low, mid dan high tidak terdengar terlalu jelas.
mini stack amp

Amplug mini amp

SPEAKER
Sudah pasti speaker dalam sebuah practice amps adalah speaker dengan ukuran kecil, sekitar 6 inch - 10 inch maksimal. Tpi bukan berarti speaker kecil soundnya juga jelek. Dalam hal ini kamu harus lebih teliti, sebelum membeli, disarankan kamu mencoba ampli dengan memutar knob volume sampai ke arah jam 1. Apabila suaranya tidak terdistorsi berarti speakernya cukup baik. Kamu juga harus cek  ke bagian belakang ampli, apakah tertutup atau terbuka, dan apakah speaker terpasang dengan kokoh atau tidak. Klo tidak, pastilah pada volume tinggi speaker akan bergetar dan memperpendek usia speaker.

OVERDRIVE / DISTORTION
pada umumnya practice amps juga menyediakan fitur overdrive/distortion disamping channel clean. Terdapat dua hal yang membedakan diantara hal ini :

Channel overdrive/distortion terpisah.
Jadi terdapat sebuah switch untuk berpindah dari clean ke overdrive. Ini lebih baik karena mudah diakses.

Channel Clean dan Overdrive menjadi satu/tidak terpisah.
Umumnya hanya dibedakan dengan pemutaran knob 'gain'. Apabila Gain dinaikkan lebih dari posisi jam 12, suara akan menjadi terdistorsi.
Tech 21 Amps
Poin ini lebih membutuhkan perhatian extra dari kamu, apalagi jika kamu adalah seorang gitaris yang suka dengan musik2 gahar nan terdistorsi. Jangan memilih ampli dengan distorsi seadanya atau 'asal kasar'. Saat ini sudah banyak pabrikan2 yang menyediakan fitur distorsi dengan sound yang cukup bagus, baik itu merek luar ataupun merek2 lokal indonesia.

EFEK
Built in efek juga merupakan hal cukup menarik dari sebuah practice amps, walaupun hal ini juga tidak terlalu penting, mengingat practice amp biasanya hanya digunakan di dalam kamar aja. Tapi bagi sebagian gitaris, memiliki ampli dengan segudang efek built in menjadi keasikan tersendiri. Saat ini juga banyak practice amp yang memberikan fitur efek yang cukup banyak, seperti Reverb, Spring Reverb, Delay, Chorus, Flanger, Tremolo, Phaser, Heavy Octave dan sebagainya. Biasanya semakin banyak efek built in, harga juga akan semakin tinggi, jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Built In effects on Roland 20XL

FITUR-FITUR LAIN

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, saat ini beberapa practice amp juga menyediakan fitur2 lain yang ga kalah asiknya dan lebih beragam isinya,,,apa aja sehh?? Check this out !
  1. CD input / Aux in : memungkinkan kita untuk menghubungkan music player seperti mp3 player, ipod, cd player dsb, ke ampli untuk dapat jamming/play along dengan gitar kamu.
  2. Speaker Out : memungkinkan untuk menggunakan speaker lain/speaker eksternal. Biasanya dihubungkan ke speaker yang lebih besar. Dalam hal ini practice amp kamu bekerja layaknya Head Cabinet.
  3. Recording Out : hampir sama dengan Speaker Out, namun dihubungkan langsung dengan mixer rekaman. 
  4. Tuner : meungkinkan untuk tuning gitar kamu tanpa harus melepasnya dari ampli.
  5. Foot Switch : beberapa ampli juga menyediakan fitur footswitch, agar kamu tidak kerepotan mengganti/switch sound, dari clean ke distorsi dsb. Seperti menggunakan pedal efek.
  6. Headphone Out : dapat kamu gunakan apabila orang rumah sering ngamuk2 karena berisik ketika kamu lagi latihan dengan gitar kamu. haha. Disarankan kamu mencolokkan headphone di fitur Headphone Out.
  7. DC Power : memungkinkan ampli dioperasikan menggunakan baterai, sehingga sangat portable dibawa kemana-mana. Asal jangan dibawa ke taman puring aja. Wakakak, you know what i mean lahh...:p
Okay,,,itu tadi beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih sebuah practice amps, disarankan kamu membeli sesuai dengan budget kamu dan keperluan kamu. Saat ini sudah cukup banyak pabrikan lokal indonesia dalam menyediakan practice amp yang berkualitas, ga kalah sama merek luar, seperti CORA, RUSSEL, MARVELL dsb.. Maju terus produk musik INDONESIA!! yeah!! \,,/

Indonesian Amps


Semoga bermanfaat guys.

See you in the next pit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.