Oktober 06, 2012

JENIS JENIS EFEK GITAR ELEKTRIK


Effects units are electronic devices that alter how a musical instrument or other audio source sounds. Some effects subtly "color" a sound, while others transform it dramatically. Effects are used during live performances or in the studio, mostly with electric guitar. While most frequently used with electric or electronic instruments, effects can also be used with acoustic instruments, drums and vocals. Examples of common effects units include wah-wah pedals, fuzzboxes and reverb units.

Effects are housed in amplifiers, table top units, "stompboxes" and "rackmounts", or they are built into the instruments themselves. A stompbox (or "pedal") is a small metal or plastic box placed on the floor in front of the musician and connected to their instrument. The box is typically controlled by one or more foot-pedal on-off switches and contains only one or two effects. A rackmount is mounted on a standard 19-inch equipment rack and usually contains several different types of effects.


While there is currently no consensus on how to categorize effects, the following are seven common classifications: distortion, dynamics, filter, modulation, pitch/frequency, time-based and feedback/sustain. Rock guitarists derive their signature sound or "tone" from their choice of instrument and effects.
(source : wikipedia).

Ngerti bahasa inggris kan sob??? hehehe...well itu sedikit intermezzo yang saya ambil dari wikipedia, well,, pada masa sekarang ini efek gitar semakin beragam dan semakin canggih pastinya. Walaupun pada dasarnya jenis efek juga itu2 doank(distortion, dynamics, filter, modulation, pitch/frequency, time-based and feedback/sustain), tapi, semakin canggih teknologinya, pasti juga semakin mudah pengoperasiannya, serta sound yang dihasilkan juga semakin bagus dan ajib, haha.

Nahhh, pada awalnya duluuuuu bgt, Efek sound gitar elektrik thu hanya datang dari efek tunggal / singel pedal / Stombox yang dibangun dalam satu pedal saja, tetapi kemudian tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi, menjadi seperti : 

Amplifier built-in
Efek ini merupakan efek pertama yang banyak digunakan secara umum oleh para pemain gitar sampai sekarang. Dari akhir 1940-an, Gibson Gitar Corp mulai membuat sirkuit vibrato di combo amplifier. Dan kemudian diikuti oleh Ray Butts amp EchoSonic Tahun 1950 yang pertama membuat fitur "slapback" atau suara gema (semacam Reverb), yang kemudian populer di pakai oleh gitaris-gitaris dunia.

Amplifier Built-in Effect

Pada tahun 1950-an, Efek tremolo, vibrato dan reverb mulai dibuat sebagai built-in efek pada amplifier gitar.

Stomboxes
Efek Pedal atau singel pedal, berbentuk seperti kotak sabun pada awal dibuatnya untuk satu Stombox ini hanya bisa menghasilkan satu jenis suara tetapi sekarang sudah ada yang bisa menghasilkan lebih dari dua suara dan bahkan lebih. Jenis ini juga bisa dirangkai secara paralell agar suara yang dihasilkan jadi lebih unik.   Dengan  berkembangnya tehnologi lahirlah Multi-effect processors.

Rackmounts
Efek nya tersusun dan terpasang pada suatu rak yang standar dan berisi atas beberapa Efek biasanya untuk ukuran raknya sekitar 19 Inci. 
Rackmounts

Ada beberapa Jenis Efek yang paling umum dijumpai atau beberapa klasifikasi umum untuk Efek Gitar :

Distorsi
Efek ini biasanya memiliki suara yang berisik yang suaranya berbasis pada suara amplifier tabung overdrive, termasuk disini Fuzz efek

Dyinamics
Efek ini disebut volume dan amplitude effects, Efek ini memodifikasi suara gitar. Ini adalah efek pertama yang diperkenalkan untuk gitaris.

Reverb/Delay
Efek ini memberikan suara seakan-akan suara itu tertunda dan bergema. Sementara saat ini efek ini sudah disisipkan ke amplifier gitar dan datang sebagai unit rackmounts yang terpisah, efek ini juga tersedia dalam bentuk stompboxes dan multi-efek prosessor.

Pitch Modulation
Termasuk dalam kategori ini yaitu flangers, wah-wah pedals, phase shifters, chorus, pitch shifters.
sumber.

Bersambung.....