Laman

Januari 28, 2013

Adiksigitar Tips : Mengenal SYNTHESIZER GUITARS

Vox Synth
Apa yang kamu ketahui tentang gitar elektrik sythesizer ?

Mungkin belon banyak yang tau tentang gitar yang satu ini,, pada dasarnya ini adalah sebuah gitar  biasa, dengan bentuk yang kadang juga seperti biasa, tapi fiturnyalah yang luar biasa.

Kalo biasanya gitar elektrik tuh hanya terdiri dari pickup (humbucker/SC), volume knob, tone knob, switcher dsb,,nahh untuk Guitar Synthesizer lebih kompleks dan banyak knob2 yang anehh.

Kenapa banyak?? ya karena gitar ini didesain untuk dapat mengeluarkan sound2 yang unik, seperti sound piano, organ, keyboard, dll.
Perkembangan guitar synth memang dirasa kurang menarik bagi kebanyakan gitaris, tapi tetap hal ini adalah satu hal yang berjasa besar dalam perkembangan SOUND gitar elektrik.

Guitar Synth pada awalnya ditemukan pada era tahun 70an, dari pabrikan seperti Hammond Innovex & Ovation, Ludwig, Norlin Music/Maestro, EMS, 360 Systems, Ampeg & Hagström, Arp, Roland Corporation & FujiGen, Electro-Harmonix serta pabrikan lain seperti New England Digital, Terratec/Axon, Starr Labs, Ibanez, Casio, Holt Electro Acoustic Research, Zeta Systems, and Yamaha.


P2000
P2000 interface



















PERKEMBANGAN GUITAR SYNTHESIZER

Old Roland Synth Guitar
Perhatikan tombol2 serta switcher dan knob2 yang ada di gambar atas, banyak banget kan? bakalan ribet maeninnya,,haha...mungkin karena itu jadi tidak banyak gitaris yang mau memainkan gitar synthesizer tersebut. Pusing ngeliatnya...

TAPI ITU DULUU, sekarang sudah berbeda pastinya.

Semakin canggih jaman, semakin banyak gadget2 elektronik yang easy-to-use, serta semakin kecil dan simpel ukurannya, ternyata hal itu juga berlaku bagi GUITAR SYNTHESIZERS.

Pada era sekarang ini, keberadaan guitar synth semakin flexibel, bahkan sebuah gitar elektrik biasa pun dapat dimodifikasi agar dapat menjadi sebuah guitar synth, bahkan bisa bongkar pasang!
Gimana caranya sob??

Well, dari dulu sampe sekarang emang pabrikan ROLAND yang paling gencar membuat inovasi GuitarSynth ini, contoh yang paling mudah dan praktis adalah produk Pickup Roland GK nya. Pickup ini adalah pickup eksternal yang dapat dipasang diantara Bridge dan Pickup Bridge-nya, dan barang ini berguna banget untuk kamu yang ingin menciptakan bebunyian gitar elektrik yang lebih luas dan variatif.
Roland GK


Gambar ini adalah sebuah inovasi guitarsynth yang cukup praktis saat ini, mudah pemasangannya dan dapat menggunakan gitar elektrik biasa menjadi sebuah gitar synthesizers. Lebih lanjut untuk info instalasinya disini.

Contoh di Les Paul




















Bahkan saat ini juga sudah banyak pabrikan yang langsung memberikan fitur synth dalam line production mereka, seperti Ibanez RG models dengan GK, atau Fender Strat American yang juga dapat berfungsi sebagai guitar synthesizers tanpa merubah tampang asli gitar-gitar tersebut.

fender synth
 

"The G-5 also offers different pickup and signature model sounds, including a Telecaster, an acoustic and a 12-string emulation. When an acoustic model is selected, the guitar also offers a digital reverb effect via the global tone knob."
Mesin Fender G5




Fender G 5




That's a lil' bit about Guitar Synthesizers...
Good Luck buat kamu yang ingin mencari sound gitar baru, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.