Laman

Desember 06, 2014

Adiksigitar Tips : Cara Bermain Gitar Lebih Baik

Desember... 

Sebuah bulan dalam lingkaran 365 hari yang sangat krusial.
Ketika melihat di kalender, banyak orang yang semakin menyadari bahwa waktu berjalan begitu cepat, dan semakin dekat dengan pergantian tahun..

Bulan dimana cuaca bisa menjadi sangat tidak bersahabat,
dan sebuah bulan dimana orang berduit sibuk dengan planning mereka menghabiskan malam tahun baru ditempat-tempat eksotik, bisa di dalam kota, luar kota bahkan luar negeri.


Bagaimana dengan rencana kamu di akhir tahun ini?!

Untuk adiksigitaris yang mungkin berencana untuk menghabiskan malam tahun baru 2015 dengan memegang gitar, bermain-main dengan riff pribadinya untuk menghibur diri sendiri atau menghibur orang lain, nah disini saya akan berbagi sedikit tips untuk (at least) bisa menjadikan permainan gitarmu lebih menyenangkan daripada sebelumnya. i hope so... :)

Bermain gitar elektrik/akustik adalah sebuah proses, dan hal yang ada di blog ini pun semuanya adalah sebuah proses, tidak hanya bagi kamu, tetapi juga bagi saya pribadi. Kita semua belajar, dan tips ini mungkin bisa membantu kamu "belajar" bermain lebih baik.

so let's started now :

Bermain gitar bersama seorang teman

Permainan gitar setiap orang pasti berbeda, mulai dari picking, ritme, style, dan karakter keseluruhan. Itulah sebabnya menurut saya, apabila kita bermain dengan seseorang, kita dapat saling belajar mempelajari karakter masing-masing, dan serunya mungkin saja teman kita dapat memberikan inspirasi dalam mempelajari metode baru dalam permainan gitar kita dan belum pernah kita coba sebelumnya. Recommended!

Belajar menggunakan buku gitar

Dengan teknologi yang semakin gencar, saat ini memang sangat mudah mencari web/aplikasi/video untuk belajar gitar, tapi sayangnya hal ini malah menjadikan kita tidak fokus dalam belajar, karena menganggap web yang satu lebih baik daripada yang sebelumnya, sehingga waktu akan terbuang percuma dalam membuka/menutup sebuah web page guitar lesson (sadar/tidak sadar). Nah, dengan menggunakan buku, kita akan lebih fokus dalam mempelajari berbagai permainan gitar seperti Chords - Scales - Teori dsb. 

Bermain santai 

Bermain santai disini adalah bermain sesuai kemampuan kita terlebih dahulu, tidak perlu terburu-buru langsung seperti Yngwie, ambil nafas, santai dan mainkan lebih lambat. Ketika bermain slow , picking dan notes nya sudah terdengar rapih dan bersih, barulah tambahkan speed sedikit demi sedikit dalam permainan gitarmu.

Gunakan Metronome

Hal ini sangat penting kamu gunakan untuk menjaga tempo permainan gitarmu, bermain lambat ataupun cepat. Ketika sudah terbiasa menggunakan metronome, kamu tidak akan kaget saat dihadapkan pada kondisi Live ataupun pada saat proses recording.

Rekam permainan gitarmu

Gunakan alat perekam apapun yang ada disekitarmu, bisa menggunakan handphone biasa, ataupun aplikasi khusus untuk merekam permainan gitarmu. Bermain , rekam, dan dengarkan kembali. Kamu akan bisa mengetahui dimana letak kekuranganmu saat mendengarkan sendiri hasil rekamannya. 

Tulis lagumu sendiri 

Ini dia, proses belajar yang sangat signifikan dalam permainan gitarmu. Jangan takut, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjadi seperti gitaris impianmu. Mulai dari yang hal mudah dan simple yang kamu kuasai, Kombinasi apik dan harmonisasi antara Chords, Notes, Ritme, Solo dan vokal adalah inti dari pembelajaran disini. 

Jangan takut mencoba

Kadang-kadang, hal yang membuat seseorang jauh dari kesuksesan adalah karena dia sangat takut untuk mencoba. Mencoba hal yang yang baru, mencoba keluar dari zona nyaman, dan mencoba untuk menjadi lebih baik adalah kunci utama dalam kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia pergitaran, so.. believe yourself, you can achieved it, if you try harder than before!

Selamat mencoba !
Semoga bermanfaat !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.