Laman

Desember 23, 2014

REUNI "GRUNGE" DI KOTA BENGAWAN

Class of 99 Grunge Reunion Invitation

Grunge, sebuah kata yg mulai muncul ke permukaan hingar-bingar scene rock di era awal tahun 90-an. Ketika musik rock mencapai titik jenuhnya di seputaran akhir tahun 80an, bermodalkan 1 album yang bertitel "Nevermind" akhirnya Nirvana melesak ke langit popularitas setelah penjualan album tersebut bisa mencapai angka jutaan keping hanya di minggu pertamanya. 


Siapa yang menyangka? sebelumnya tidak ada yang menyangka, bahkan pihak labelnya pun, DGC, hanya berharap Nevermind bisa tembus angka penjualan 250.000 keping, seperti debut Sonic Youth di label major. Tapi sangkaan itu semua termuntahkan oleh hit single mereka "Smells Like Teen Spirit" yang bisa merajai chart  pada masa itu dan membuat Michael Jackson turun tahta, Guns 'n' Roses gigit jari dan Metallica mundur sejenak ke belakang. 


Era 90an memang boleh dibilang sebagai era musik rock alternatif, dimana akhirnya bermunculan nama-nama seperti Soundgarden, Mudhoney, The Melvins, Alice In Chains, Silverchair, Stone Temple Pilots dan lain sebagainya. Genre yang media sebut sebagai "Grunge" inipun akhirnya mulai hinggap di kota -kota besar maupun kecil di Indonesia dan tidak terkecuali di kota bengawan. 


Sejak kurang lebih tahun 1993, di kota Solo mulai terdeteksi generasi muda yang menggandrungi musik-musik semacam Grunge ini, tidak dipungkiri merekapun mengenal genre ini disebabkan oleh Kurt Cobain, Krist Novoselic, Chad Channing dan Dave Ghrol a.k.a Nirvana. Band inilah yang bertanggung jawab menyebarkan paham rock alternatif yang mengancam eksistensi Hair Metal pada masa itu. Nah, berawal dari saat itulah akhirnya regenerasi band-band/musisi rock alternative/grunge masih bermunculan di kota bengawan ini. Sebut saja band-band seperti Naked Virgin Fans, Lajur Kiri, Sporadic Bliss, Inlander, Suckit-V, Museum, Spawn Against dsb. Mereka tersebar dari berbagai scene yang ada di seputaran kota Solo, seperti Turisari, Kotabarat, Museum, Nusukan, dan masih banyak lagi. 


Tepatnya di "Social Lounge" Social Kitchen tanggal 21 Desember 2014, mulai pukul 19.00 WIB para seniman, musisi, band yang masih berpegang teguh pada agama 'rock alternatif/grunge' ini akhirnya kembali berkumpul bersama, reuni, sekaligus menjadi ajang eksistensi mereka kepada publik. Rata-rata memang saat ini mereka sudah berkeluarga, tetapi tidak meyurutkan semangat mereka untuk berkumpul, sekedar ngobrol, temu kangen, dan saling menyaksikan pertunjukan teman mereka yang tampil di atas panggung. Suasana yang cozy makin klop dengan settingan unplugged diatas panggung dan penampilan dari beberapa band yang membawakan single pribadi maupun cover dengan sangat baik. 

Dibawah titel Class Of 99, semoga reuni ini dapat terselenggara dengan rutin ! Mari bersulang saudara !


Naked Virgin Fans

Naked Virgin Fans - Lake Of Fire Cover


Naked Virgin Fans



Naked Virgin Fans - Oh Me Cover


Naked Virgin Fans

Naked Virgin Fans

Naked Virgin Fans

The Crowds of Class Of 99 Reunion

Naked Virgin Fans :  Rizka/Voc/Guitar - Awiex/Bass - Sigit/Guitar - Eko/Drum.
Images taken without violence From Alfiza Fauzi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.