Laman

Desember 06, 2014

Adiksigitar Tips : Membeli Gitar Elektrik Bagi Pemula

Ilustrasi Gitar Elektrik solid body tremolo updown
Hallo adiksigitaris !

Yap, sesuai dengan judul diatas, saat ini memang semakin banyak pilihan bagi gitaris untuk memperoleh gitar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, baik dilihat dari segi kualitas keseluruhan, karakter tone, bentuk model, sampai tingkat kemampuan finansial sang gitaris. 

Untuk para pemula yang mungkin masih merasa sedikit bingung bagaimana mencari gitar elektrik yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan style bermainnya, disini blog adiksigitar akan memberikan sedikit tips untuk mengatasinya, so.. be ready.

Here they comes :

Pemilihan Jenis Body

Pada dasarnya ada 3 jenis body yang bisa kamu pilih saat membeli gitar elektrik yang baru. Ketiganya memiliki karakternya masing-masing, jadi pastikan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan gaya permainanmu : 




Solid Body
Solid body adalah salah satu jenis body yang sangat mudah ditemui di berbagai toko gitar, pada dasarnya body kayu yang utuh/solid akan memberikan tingkat sustain yang baik dan dapat meminimalisir feedback. Cocok untuk musik rock dan metal dengan solo yang meraung tinggi dan sustain yang panjang.

Semi Hollow Body
Jenis ini dapat memberikan sedikit nuansa akustik pada tone nya, lebih warm ketimbang solid body,  nuansanya woody, dan masih dapat mendukung output yang cukup besar sebelum masuk ke zona feedback. Maka dari itu banyak pula musisi rock dan rockabily yang menggunakan body gitar jenis ini. Karakter soundnya sangat khas dan frekuensi middle yang sedikit terdongkrak.

Hollow Body
Hampir seperti gitar akustik hanya saja menggunakan pickup, biasanya digunakan oleh gitaris jazz, sering menimbulkan feedback apabila tingkat volume dinaikkan. Gitar dengan body jenis ini tingkat sustain nadanya cenderung lebih rendah apabila dibandingkan dengan kedua jenis diatas.

NB : Jadi sesuaikan dengan style, karakter dan gaya permainanmu.


Pemilihan Jenis Pickups 

Ini salah satu part yang sangat menunjang tone seorang gitaris dan lebih banyak gitaris yang berani mengupgrade pickup nya demi mendapatkan tone yang sesuai dengan keinginannya. Pada dasarnya ada 3 tipe pickup gitar elektrik : 

Single Coil
Karakter twanky a la Stratocaster dan Telecaster, salah satu jenis pickup yang sangat sesuai dengan musik blues. Sound clean yang bright serta overdrive yang sangat khas. Jangan lupa pickup jenis ini biasanya humming.

Humbucker
Double single coil yang disatukan. Dapat menghilangkan humming serta output yang terdongkrak apabila dibandingkan dengan jenis yang lain. Ketika dimainkan dengan distorsi akan menghadirkan tone yang warm dan sangat cocok dengan musik rock, punk ataupun metal. Untuk artikel yang membahas tentang pickup jenis humbucker silahkan klik disini.

P90/Soapbar
Pada dasarnya pickup jenis ini adalah single coil yang diperkuat dengan gulungan koil yang lebih banyak, sehingga menghasilkan karakter dan output diantara single coil standar dan humbucker. Lebih warm dari single coil tetapi tidak lebih warm dari humbucker.

Bagaimana dengan pickup aktif? mungkin kamu bertanya-tanya tentang jenis pickup tersebut, nah untuk membantu menentukannya silahkan buka di link ini. Dan silahkan membuka artikel ini untuk tips mensetting ketinggian pickup di gitar elektrikmu. 

Pemilihan Jenis Bridge

Basically, ada 2 jenis bridge (penyanggah senar di body) yang beredar di dunia gitar yaitu fixed bridge dan tremolo (dengan whammy bar/updown). Pemilihan bridge dapat disesuaikan dengan karakter bermain kamu, apakah kamu lebih suka bermain bending, dive bombs, elephant sound dsb (tremolo-whammy bar) ataukah kamu lebih suka bermain natural (fixed bridge). 

Satu hal yang dipercaya banyak gitaris adalah fixed bridge dapat memberikan sustain yang lebih panjang dan tuning yang lebih akurat apabila dibandingkan dengan gitar yang menggunakan tremolo (whammy bar/updown).

Silahkan klik disini untuk informasi tentang bridge double locking tremolo (updown-whammy bar).

Silahkan klik disini untuk tips membersihkan bridge gitar kamu.

Semoga membantu ! 
Cheers.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.