Laman

April 24, 2013

Adiksigitar Tips : MENJADI GITARIS BERKARAKTER

HELLO DUDES!

apa kabar gitaris?! yeah, still playing guitar kan? good, keep practicing, matikan internet, matikan hp, matikan telpon rumah, tutup pintu, kunci dan fokus pada latihan jari untuk berusaha menjadi gitaris yang hebat, semua orang bisa menjadi gitaris hebat. Haha, at least itulah yang diucapkan oleh Steve Vai di salah satu kliniknya dalam menjawab pertanyaan audiens tentang bagaimana cara seorang Vai berlatih dan sampai bisa seperti sekarang ini.. Dan satu lagi, kalo kita ingin menjadi gitaris yang unik dan berkarakter, jadilah gitaris yang suka ber"imajinasi", karena dari situlah mengapa Steve Vai dapat memainkan gitar dengan gayanya sendiri dan tak jarang menemukan pattern baru dan teknik aneh yang mungkin hanya Steve Vai yang bisa melakukannya. It all starts from 'Imagination'.


Mempelajari pattern-pattern, teknik, scale gitar memang sangat penting, tapi jangan jadikan itu patokan satu-satunya dalam permainan gitar kamu. Balawan juga pernah ngomong, jadilah gitaris yang unik, unik sekalian, dan jago, jago sekalian. Jangan setengah2, pilih salah satu, kalo pengen unik jadikan pengetahuan scale  dan pattern kamu sebagai patokan awal, dan kembangkan sesuai gaya kamu sendiri, atauuuu jadilah gitaris yang jago sekalian, mengerti semua style gitar, scale, pattern, teknik , semua dilahap habisss. 

Satu contoh gitaris Indonesia yang unik adalah Dewa Budjana, banyak yang bilang, ah Balawan maennya diminished doank nih, gitu2 doank. Well, mungkin memang benar, Budjana itu tidak bisa ( dia ngakunya gitu) memainkan lagu orang lain, tidak terlalu suka mengulik lagu orang. Tapi, don't judge him a bad player, justru dia lebih santai dengan gaya permainannya sendiri, unik dan fokus dengan karakternya. Itulah intinya "FOKUS"!!

Sebut aja mulai dari local heroes macam Ian Antono, Eet Sjahrani, Baron, Budjana, Tohpati, Jubing, Balawan, sampai yang dari luar kaya Hendrix, Vai, Yngwie, Morse, Petrucci, ( ga disebut jangan marah :p) dan lain sebagainya, banyaak bangett gitaris handal diluar sana, bahkan tidak sedikit juga yang tidak terlalu mengerti teori musik seperti George Lynch (metal/rock) atau Allan Holdsworth (jazz). Tapi mereka semua terkenal, sangat terkenal dengan gaya mereka sendiri, FOKUS dengan gaya mereka sendiri, karakterlah yang menjadikan mereka berbeda satu dengan yang lainnya. Karena pada basicnya sepertinya memang sulit menjadi gitaris yang "jago" dan mereka lebih memilih sebagai gitaris yang berkarakter, fokus dan unik.


Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, pernah denger kan pepatah itu? tidak terkecuali dengan gitar. Banyak hal yang bisa dipelajari dari sebuah intrumen dengan jumlah senar dari 6 sampai 12 ini. Mulai dari ilmu/teknik memainkannya, atau ilmu yang berkaitan dengan teknik/rancang bangun/kontruksinya, semua bisa dipelajari. Umur atau gender bukan halangan kalo kamu memang benar-benar mau belajar.

Be a Smart and Unique Guitarist.
Cheers for all.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.