Laman

April 08, 2013

ONE OF OUR FELLOW GUITARIST - DIED 19 YEARS AGO...

Hello april, how do you do ?



well apa kabar all, sesuai judul diatas, kita akan mencoba mengingat satu tragedi terbesar dalam sejarah Rock & Roll, tepatnya di tahun 1994, di daerah yang bernama Seattle dan seorang yang bernama Kurt Donald Cobain.


Yahh, mungkin gitaris-gitaris generasi sekarang tidak begitu tau tentang orang satu ini, dia bukan seorang yang jago main gitarnya, bukan seorang virtuoso gitar, ataupun seorang shredder, tidak, no not at all. Tapi ga tau juga, disaat kemunculannya di era tahun 1989an justru musik rock dunia sedang dilanda oleh band2 keren dengan gaya gitar shredding yang gila-gilaan, (ex: Guns&Roses, Sepultura, Megadeth, Metallica dll) dan herannya publik dunia dan Indonesia pun akhirnya juga berpaling sama orang ini dan band yang dia bawa, dan band tersebut adalah NIRVANA.

Kurt, adalah seseorang yang masa kecilnya cukup bahagia, sampai akhirnya umur 9 tahun dirinya benar2 terpukul dan tertekan oleh akibat perceraian orang tuanya. Sejak kecil dia sudah menunjukkan kesukaannya pada musik PUNK dan akhirnya dia bertemu dengan sahabatnya Krist Novoselic dan Chad Channing, mereka membentuk band dengan nama yang aneh2, sebelum akhirnya NIRVANA menjadi pilihan setelah Kurt nonton siaran rohani Buddha di tv pada malam hari, yang memiliki arti kesempurnaan jiwa. Mereka merilis album BLEACH di tahun 1989 dibawah SubPop Records dan sempat tur diberbagai wilayah U.S. Sampai pada saat Chad memutuskan untuk keluar dari band, Kurt dan Krist akhirnya merekrut Dave Ghrol untuk mengisi part drum di Nirvana. 

Di tahun 1991, akhirnya dewi fortuna berdansa dan pogo tepat diatas mereka, karena album mereka yang berjudul NEVERMIND, meledak di pasaran, dengan rekor 500,000 kopi dalam minggu pertama rilisnya dan menjadi #1 single di berbagai chart dunia. Very amazing. Setelah itulah, mereka sering tur ke berbagai belahan dunia, diundang kesana kemari, menjadi sangat terkenal, kaya dan menjadi idol bagi sebagian besar anak muda di jamannya. 

Di sepanjang karir bandnya, Kurt Cobain terkenal sebagai figur gitaris yang sangat cuek dan hampir tidak peduli dengan skill yang tinggi. Sebagian besar lagu-lagunya hanya mengandalkan kunci kord standar, sedikit solo, sedikit alternate tunings ( turun setengah nada dan di Drop D-kan) dan mudah dipahami. Dia lebih menyukai gitar Fender MIJ dibandingkan MIA karena memang postur tubuhnya yang kecil. Pernah dia ditawari menjadi endorsee Gibson tapi dia menolaknya karena ternyata tidak ada gibson yang cocok dengan karakternya. Bersama Fenderlah dia akhirnya menciptakan satu gitar legacy dengan model kawinan antara Jaguar dan Mustang yang akhirnya diebut dengan Jag-Stang Kurt Cobain Signature Guitar. Hanya 2 gitar asli miliknya yang berhasil diproduksi, yang satu berwarna merah, yang sudah pernah diajak konser dengannya, dan yang satunya berwarna biru, tidak pernah sampai ke tangan Kurt, dan saat ini ada di museum Fender lengkap dengan gambar desainnya. klik ini untuk gear yang digunakan oleh Kurt.

Singkat cerita, pada April tanggal 8, 1994 Kurt Cobain ditemukan tewas dengan kepala nyaris rusak seluruhnya dikarenakan luka tembakan shotgun jenis remmington oleh tukang listrik yang dateng ke atas garasi rumahnya. Menurut ahli, dia telah tewas 3 hari yang lalu sehingga tubuhnya sudah mulai membusuk. 



Itulah sedikit kisah dari seorang frontman dan juga gitaris yang mampu merubah "wajah" musik rock sampai detik ini. Sang legenda tidak mengajari tentang bagaimana memiliki skill yang tinggi dalam memainkan instrumen ini, tetapi dapat mewariskan karya-karya abadi yang belum tentu seorang virtuosopun mampu melakukannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.