Laman

April 08, 2013

Adiksigitar Tips : REGULAR STRINGS, COATED STRINGS DAN PERAWATANNYA - SENAR GITAR ELEKTRIK



Saat ini banyak banget berbagai senar yang tersedia di pasaran, iklannya keren2 semua, ada yang nickel, stainless steel, chrome,cobalt, coated strings dll, serta banyak yang mengatakan bahwa senar yang dilapisi (coated strings) lebih awet 10x tahan karat dan lebih renyah tonenya. Tapi guys, apakah betul seperti itu?

Hehe, sebenarnya hampir semua senar itu sama, maksudnya selama mereka selalu dirawat, dibersihkan setiap setelah dipakai dan tidak sering terekspos oleh kelembapan/keringat, maka senar-senar itu, baik coated maupun tidak, akan memiliki umur yang lebih panjang bila dibandingkan dengan senar yang tidak dirawat sama sekali.

musuh gitaris = karat !
Senar coated, ketika masi baru memang terlihat keren, apalagi yang glow in the dark, tapi selama pemakaian kita, semakin lama lapisan itu akan semakin pudar, dan akhirnya hilang sama sekali dan akan terlihat seperti senar biasa/uncoated strings. Dan apabila kamu cuek dan tetap memakainya, maka semakin lama akan  mengurangi playability dan tone gitar kamu, serta yang paling menyebalkan yaitu dapat mengikis slowly but sure, besi fret di gitarmu, trus ada coklat2nya, bleeeh so disgusting dan ini juga berlaku lho di senar regular.
kebersihan = iman

Well, on the other words, senar dan begitu pula dengan bagian2 lain di gitar elektrik yang terbuat dari logam, seperti tuner, nut, bridge, knob, sekrup2 bahkan mata pickup akan lebih awet dan terlihat kinclong apabila kita mau meluangkan sedikit waktu untuk membersihkannya. Satu tips yang pasti, apabila tangan kamu sering berkeringat ketika sedang bergitar, jangan pernah menyimpan gitar kamu dalam keadaan penuh keringat dan lembab didalam hardcase/gigbag dalam waktu yang lama (bahkan hanya 2 hari), karena akan sangat mudah terkorosi/berkarat, lebih baik dikeringkan/dibersihkan sebelum disimpan di hardcase.

Semoga bermanfaat.
Keep Strumming Guys !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.