Laman

September 24, 2014

Adiksigitar Preview : FENDER MODERN PLAYER 24" SCALES


Tahun 2014 merupakan tahun yang luar biasa bagi Pabrikan Fender, ya dikarenakan tahun ini merupakan tahun perayaan 60 tahun dari salah satu model gitar elektrik Fender yang sangat terkenal seantero jagat, dan model tersebut adalah "Stratocaster" !

60 tahun merupakan waktu yang cukup lama, apabila kita ibaratkan seorang manusia, stratocaster yang berumur 60 tahun pasti sudah menjadi seseorang yang sangat dewasa, matur, dan telah kenyang merasakan pahit-manis asam garam kehidupan. 


Satu hal yang tidak biasa juga terjadi di tahun 2014 ini, karena apabila kita sudah terbiasa dengan gitar elektrik keluaran Fender khususnya Strat yang selama ini menggunakan skala 25,5 inci, terdapat satu line dimana Fender merilis 3 modelnya yaitu : Stratocaster, Telecaster dan Jazz Bass dengan skala yang diperpendek (short-scales) yaitu hanya 24 inci saja! 


Fender melakukan eksperimen dengan line model ini, antara lain : skala 24 inci, 20 frets medium jumbo (?), ukuran bodi yang diperkecil (downsized), HSS (strat), SH (tele), untuk humbuckernya Fender menggunakan produk Guild Anti Hum Double Coil Pickups

Khusus untuk Jazz Bass Short Scale, Fender juga berkeksperimen dengan memperkecil ukuran bodi, skala 30 inci, 18 frets, serta kombinasi pickup Hot Jazz dan Precision Bass. 

Produk Lini tersebut merupakan produk Fender yang diproduksi di Tiongkok, dengan menggunakan bahan kayu seperti biasanya yaitu Alder untuk bodi, maple rosewood untuk neck dsb. Dari segi sound masih tetap menawarkan karakter abadi twangky a la Fender namun terdengar agak sedikit "dark". 

Kemungkinan gitar line ini memang diperuntukkan bagi mereka para gitaris beginner atau mereka yang masih berusia muda ataupun bagi para gitaris yang memiliki postur tubuh, tangan dan jari yanc kecil. Karena dari beberapa review yang ada, mereka agak kesulitan dalam memainkan gitar ini, dikarenakan string spacing yang agak rapat dan posisi knob volume dan tone yang sangat berdekatan. 


Tapi apalah arti sebuah review apabila kamu sudah merasa cocok, apa mau dikata ya ga?! Hajarr Bleehh ! Haha..

Happy Twanking !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment kamu sangat bermanfaat bro.